Hujan abu dari langit kelabu Surabaya pagi ini


[14 Februari 2014] Seperti halnya pagi yang kelabu di musim penghujan, tapi ini sedikit berbeda, ternyata awan kelabu membawa deposit material vulkanis yang keluar dari erupsi gunung kelud semalam. Yah, setelah Sinabung yang sampai saat ini masih bergejolak, gunung Kelud di wates, Kediri menunjukkan aktivitas erupsi seriusnya semalam, dimulai dari pukul 22.50, aktivitas vulkanis disertai beberapa gempa yang terjadi terus menerus tercatat, warga sekitar dalam radius sepeluh kilometer dari pusat erupsi telah diungsikan ke lokasi yang dirasa aman. Sementara pemukiman penduduk yang berada dalam radius 7 km dari pusat erupsi dilaporkan rata dengan tanah akibat goncangan gempa vulkanis yang terjadi sepanjang malam, di Kota Kediri sendiri diguyur hujan semalaman, dan dari arah gunung kelud terlihat pijar yang terus menyala, dan kilat saling menyambar yang menandakan aktivitas vulkanis gunung kelud masih berlanjut. Arah letusan dikabarkan mengarah ke sisi Barat Daya, lahar dingin tercatat mengalir hingga ke Kademangan, Blitar.

Nara sumber yang berada dalam radius 20 km dari lokasi mendapati hujan abu tebal disertai kerikil kecil dengan jarak pandang berkendara sekitar lima meter, dan didapati ketebalan material vulkanis yang menutupi jalanan dan pelataran warga dilaporkan mencapai 10 centimeter.

Dari beberapa situs berita didapati ternyata beberapa kota hingga di Jawa barat turut merasakan efek dari erupsi gunung kelud tersebut. Di Solo, hujan abu semalaman dirasa lebih tebal dan lebih pekat ketimbang erupsi dari merapi, sementara di Jawa Barat hanya merasakan mendung gelapnya saja untuk pagi ini.

Gunung kelud memang menunjukkan aktivitas yang rutin sejak kemunculan anak gunung Kelud di kawahnya pada tahun 2007, tercatat belasan kali aktivitas vulkanis sedang hingga kini, dan semalam tadi termasuk yang paling dahsyat sejak tahun 1919.

Semoga tidak ada korban jiwa dan aktivitas vulkanis Gunung kelud segera mereda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s